Ceramah Terapi Qurani

Terapi Qur’ani untuk Kesembuhan dan Rizki Tak Terduga

 

Setiap orang menginginkan hidup sehat dan sejahtera, tetapi tidak setiap orang akan memperolehnya. Kita belum tentu memperoleh hidup sesuai yang kita harapkan, bahkan mungkin saja mengalami keadaan yang sebaliknya. Itulah ujian hidup. Allah menguji manusia bukan hanya persoalan materi, pekerjaan, keluarga tetapi juga berkaitan dengan kesehatan.

Kesehatan sangat penting bagi kita karenanya kita tidak akan bisa berbuat yang terbaik bila kesehatan terganggu. Pekerjaan akan terbengkalai bila kita menderita sakit, apa lagi sakit yang lama hidup terasa tidak bermanfaat. Karena pentingnya kesehatan maka kita perlu memeliharanya dengan baik. Memelihara kesehatan yang terbaik adalah melakukan pencegahan dari pada mengobati setelah sakit.

Ilmu tentang pengobatan saat ini berkembang pesat, dunia medis dilengkapi dengan tekhnologi yang sangat modern. Pengobatan alternatif dan herbalpun telah tersedia. Namun mengenai kesembuhan tidak ada seorangpun yang dapat memastikan, karena kesembuhan hanyalah hak Allah. Pengobatan medis belum menjamin kepastian sembuh, begitu juga dengan pengobatan alternatif. Bagi orang beriman tidak perlu terpaku pada pengobatan medis atau alternatif, yang lebih penting adalah bimbingan Al Qur’an untuk mengobati penyakit. Allah mengajarkan kepada manusia bahwa Al Qur’an adalah obat dan rakhmat bagi orang beriman.

Orang sakit yang berobat kepada medis, atau pengobatan alternatif lainnya akan sembuh bila pengobatan itu cocok atas seizin Allah. Berobat kepada medis atau alternatif belum pasti memperoleh kesembuhan. Tetapi keduanya tetap diperlukan karena banyak juga kesembuhan dari Allah melalui pengobatan ini. Kita perlu bijaksana memilih pengobatan yang terbaik untuk kita. Namun demikian sebagai orang beriman seharusnya kita tidak melupakan pengobatan melalui zikir dan do’a karena hakikat kesembuhan adalah milik Allah. Pengobatan zikir dan do’a bisa berjalan seiring dengan pengobatan medis yang tidak menimbulkan effek samping yang membahayakan dan pengobatan alternatif yang tidak menimbulkan syirik.

Rasulullah menekankan pada pengobatan zikir dan do’a sebagai pilihan utama yang menjadi ikhtiar manusia. Pesan yang ingin penulis sampaikan yaitu janganlah hanya bergantung kepada dunia medis dan alternatif saja yang mengabaikan Allah Yang Maha Penyembuh dan melupakan zikir dan do’a.

Bila anda memperkuat pengobatan dengan terapi Qur’ani anda akan memperoleh segalannya yaitu ketentraman, kesehatan, keselamatan dan keberkahan.

Sebagai orang beriman kita meyakini firman Allah Maha Benar, Allah mengabulkan do’a orang beriman sebagaimana firmanNya dalam Al Qur’an surat 2 ( Al Baqarah ) : 186

” Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamutentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalahdekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a

apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi(segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Allah mengabulkan do’a dengan berbagai cara tetapi kita belum memahami, melalui terapi qur’ani kita akan memperoleh segalanya, termasuk beberapa hal sbb :

  • Atas izin Allah penyakit anda sangat mungkin sembuh seketika karena bagi Allah tak ada yang mustahil.
  • Atas izin Allah penyakit anda akan sembuh secara bertahap.
  • Atas izin Allah anda akan diberi jalan oleh Allah menemukan pengobatan lainnya yang menyebabkan anda sembuh.
  • Atas izin Allah dosa-dosa anda akan diampuni.
  • Atas izin Allah do’a anda akan diganti dengan kebaikan lainnya yang tidak anda ketahui.
  • Atas izin Allah do’a anda membawa berkah bagi kehidupan keluarga anda.
  • Atas izin Allah do’a anda akan menggantikan takdir Allah yang tidak anda sukai (azab, pendertiaan lain, masalah).
  • Dimasa akan datang yang seharusnya anda alami menjadi tidak dialami.
  • Atas izin Allah do’a anda memperoleh pahala yang besar yang akan anda nikmati diakhirat nanti.

 

Manfaat Terapi Qur’ani

Orang beriman meyakini bahwa Al Qur’an berfungsi sebagai hudan ( petunjuk ), syifa      ( obat ) dan rakhmat. Bila Al Qur’an dimanfaatkan dan diterapkan dengan benar pasti akan mendapatkan hasil yang membahagiakan untuk dunia dan akhirat. Disamping memperoleh kesembuhan dan rizki tak terduga terapi Qur’ani juga memberikan manfaat lain yaitu :

  1. Ketentraman

Hati yang semula gelisah, resah, khawatir, takut, cemas, marah, kecewa dan sebagainya akan berubah menjadi tenteram. Ketentraman ini diperoleh sebagai buah dari

keyakinan dan prasangka baik kepada Allah. Keyakinan membuat hati kita selalu sadar akan makna hidup yang penuh nilai dan kebajikan dihadapan Allah, kemudian menjadikan kita lebih tenang dan bersemangat berbuat kebajikan. Keyakinan membuat hati kita tidak pernah lalai dari mengingat Kasih Sayang Allah, dan selalu mensyukurinya. Keyakinan menumbuhkan rasa optimis karena bergantung penuh kepada Allah.

” (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” QS. 13 ( Ar Ra’d) : 28

  1. Kesehatan

Allah Yang Maha Penyembuh, Allah Yang Maha Baik, Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, tidak akan membiarkan hambanya menderita. Dialah yang Maha Penolong. Keyakinan ini harus tetap melekat didalam diri orang beriman. Allah sangat memahami yang terbaik untuk hambaNya. Hakikat kesembuhan hanyalah milik Allah.

Dengan bertawakkal dan keyakinan penuh insya Allah segalanya menjadi mudah. Karena keyakinan ini maka hidup kita akan semakin sehat dan kuat. Allah berfirman :

”dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkanaku,” QS.26 (Asy Syu’araa) : 80.

  1. Keselamatan

Allah tidak akan membiarkan hambaNya yang beriman hidup menderita didunia dan akhirat. Bagi orang beriman didunia adalah sarana berbuat baik. Allah akan terus menguji orang beriman dalam rangka meningkatkan kualitas imannya. Dengan ujian ini Allah akan memberikan pelajaran, ilmu dan hikmah sehingga derajatnya disisi Allah dan dihadapan manusia semakin tinggi. Allah akan menjamin keselamatannya didunia dan akhirat. Allah berfirman :

” Kemudian Kami selamatkan rasul-rasul Kami danorang-orang yang beriman, demikianlah menjadikewajiban atas Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman.” QS. 10 ( Yunus ) : 103

  1. Keberkahan

Orang beriman selalu dalam perlindungan Allah dan memberikan kehidupan yang penuh berkah sebagaimana dialami para nabi dan para shalihin. Kasih sayang Allah kepada orang beriman bukan hanya jaminan surga di akhirat tetapi di dunia inipun akan dibukakan pintu keberkahan dari langit dan bumi. Allah berfirman :

” Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya ”. QS. 7 ( Al A’raaf ) : 96